Sambal Goreng Kembang Turi


Kembang turi biasanya diolah sebagai campuran pecal/pecel atau campuran urapan sayuran dengan sambal kelapa. Jika Anda mau sedikit berkreasi, dengan bumbu sambal goreng, kembang turi bisa diolah menjadi hidangan lauk yang lezat.
Soal rasa, jangan ditanya, Teksturnya lembut dan rasa sedikit pahit terasa pas dengan campuran daging. Bumbu yang pedas membuat sepiring nasi tidak cukup untuk penyerta lauk ini. Selamat mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Bahan:
250 g kembang turi, buang kepala putiknya
100 g daging sapi, potong korek api
60 g wortel, potong korek api
60 ml air
3 sdm minyak goreng
Bumbu:
4 buah cabe merah, haluskan
2 buah cabe merah, potongs erong
4 siung bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
2 butir kemiri, haluskan
1 sdt gula pasir
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
½ sdt terasi, haluskan
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis semua bumbu-bumbu hingga harum. Masukkan potongan daging sapi, aduk hingga daging berubah warna.
2. Tuang air, masak hingga air mendidih. Masukkan wortel dan kembang turi. Masak sambil diaduk-aduk higga bumbu meresap dan semua bahan matang. Angkat.
3. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan panas.
Untuk 5 Porsi

Tip:
Daging sapi bisa diganti dengan udang atau ayam. Jangan memasak kembang turi terlalu lama karena teksturnya terlalu lunak. Buang putik kembang turi yang terletak di bagian dalam bunga agar rasanya tidak pahit.

Bunga Turi (Sesbania grandiflora)

Pohon turi adalah tanaman perdu berkayu yang tingginya bisa mencapai 10 meter. Selain kembang turi berwarna putih, ada juga varietas kembang turi berwarna merah. keduanya sama-sama enak dimakan. Selain kacang dan daunnya yang enak di makan, bunga turi juga sering diolah sebagai masakan. Masarakat Jawa mengolah bunga ini untuk campuran urapan, pecel, ditumis atau dibuat sayur. Rasanya hampir mirip dengan bunga pepaya namun tidak terlalu pahit. Teksturnya lunak dan agak sedikit berlendir. Selain kaya vitamin dan mineral, kembang turi juga banyak mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
  • Ilmu Memasak © 2012