Puff Pastry Isi Kismis

Puff pastry atau sering di sebut sebagai adonan lembaran memiliki tekstur yang khas. Berlapis-lapis dan renyah. Lapisan ini terbentuk karena penggunaan korsvet/pastry magarin yang dibuat dengan teknik lipat dengan adonan terigu sehingga terbentuk adonan yang berlapis-lapis. Jangan menggiling terlalu keras saat mebuat adonan karena lapisan korsvet akan menembus adonan terigu dan membuat lapisan tidak terbentuk. Resep/Foto Utama/ Dapur Uji: Budi Sutomo.

Bahan:
500 g tepung terigu protein tinggi (cap cakra kembar)
300 g korsvet
50 g margarin
250 ml air dingin
1 butir telur ukuran sedang
40 g gula halus
1 sdm susu bubuk
1 sdt garam halus
Isi:
100 g ksimis
1 sdm bubuk kayu manis
Olesan, aduk rata:
3 sdm madu
3 butir telur

Cara Membuat:

1. Masukkan korsvet dalam plastik, giling hingga ketebalan 1 cm dan rapikan bentuknya menjadi bentuk persegi empat.

2. Campur tepung terigu dengan garam, gula halus, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan telur dan air es/dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dibanting-banting hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Tambahkan margarin, uleni hingga adonan benar-benar kalis. Masukkan adonan dalam baskom, tutup dengan serbet lembab. Masukkan di dalam lemari es selama 20 menit. 

3. Siapkan meja kerja, taburi dengan tepung teirgu. letakan adonan di atas meja, giling adonan menjadi bentuk segi empat setebal 1 cm. Letakan korsvet di bagian tengah. Lipat adonan menutupi korsvet seperti melipat amplop. Pastikan semua bagian korsvet tertutupi adonan.

4. Giling adonan dengan perlahan hingga ketebalan 1 cm. Lipat bagian kiri ke kanan dan bagian sisi kanan ke arah kiri sehingga terbentuk tiga lapisan. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Lakukan proses menggiling, melipat dan mendinginkan sebanyak 3 kali.

5. Pada gilingan terahir, giling dengan ketebalan ½ cm. Olesi permukaanya dengan bahan olesan. Taburi bubuk kayu manis dan kismis. Gulung seperti menggulung bolu gulung. Dinginkan kembali selama 10 menit.

6. Potong gulungan adonan setebal ½ cm. Atur di atas loyang beroles margarin.

7. Panggang di dalam oven bertemperatur 190 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

8. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 30 Potong

Tip: Isi bisa diganti dengan potongan manisan ceri, sukade, kacang , parutan keju atau myses cokelat. Taburi permukaan adonan dengan sedikit tepung terigu agar adonan tidak menempel di meja.

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Ilmu Memasak © 2012