GARA-GARA BLOGGER JADI BIKIN BUKU DAN DIWAWANCARAI RADIO BBC LONDON

Siapa Bilang Blogger Tidak Bermanfaat?

Banyak orang beranggapan jika ngebloger merupakan kerjaan orang malas, hobinya ibu-ibu iseng yang ditinggal suaminya kerja seharian atau sekedar mengisi waktu luang saat istirahat kerja.

Padahal jika bisa memanfaatkan, blogger bisa menjadi ajang promosi diri atau beriklan gratis(
sedikit narsis juga ngga apa-apa, he..he..he..), baik hasil karya berupa tulisan, foto, atau apapun bentuknya. Kembali ke manfaat blog, saya merasakan dan punya pengalaman pribadi yang mungkin bisa memberi motivasi kepada para blogger untuk terus berkarya di media ini.


Awal bulan April, 2006, saya posting tentang
Informasi Lengkap Virgin Coconut Oil, posting saya di blogger ternyata di baca oleh Yuni Harlinawati, salah satu editor buku yang bekerja di penerbitan Puspa Swara. Sodara Yuni tertarik tentang tema VCO (Virgin Coconut Oil) yang saya tulis. Komunikasipun terjalin, pihak Puspa Swara berminat menerbitkan buku tentang VCO namun dari sisi yang berbeda karena buku tentang VCO sudah banyak.

Gayungpun bersambut, akhirnya saya dan Yuni sepakat untuk menulis bersama dan jadilah sebuah buku berjudul 100 Menu Sehat VCO. Buku yang mengulas mulai dari manfaat VCO bagi kesehatan, cara praktis membuat VCO hingga 100 resep hidangan lezat. Semua hidangan menggunakan VCO sepagai penganti minyak goreng. Mulai dari hidangan pembuka, menu utama, aneka kue, minuman hingga hidangan penutup.

Setelah buku beredar, tentu saya memanfaatkan bloger sebagai media promosi gratis. Posting tentang buku
Menu Sehat VCO pada pertengahan bulan Juni 2006. Ternyata di baca Asep Setiawan oleh salah satu staf penyiaran di radio BBC London. Tertarik dengan tema VCO yang diaplikasikan dalam menu masakan, maka ia ingin meyiarkannya di Radio BBC London dalam bentuk wawancara. Setelah wawancara panjang, baik dengan saya, pihak penerbit dan orang yang pernah mencoba resep dalam buku ini, hasilnya pada tanggal14 Juli 200 6. jam 8.30 WIB, hasil wawancara disiarkan langsung dalam acara BBC Words News di segmen bedah buku. Yang lebih menggembirakan, acara ini juga di relay oleh Radio Elshinta Jakarta dan jaringannya di seluruh nusantara. Berikut salah satu resep dalam buku 100 Menu Sehat VCO


PASTA SAYURAN BUMBU OREGANO


BAHAN:
200 g pasta Italia (macaroni, farfalle, fusilli atau, spaghetti), rebus, tiriskan
300 g daging sapi cincang
50 g keju parmesan/cheddar, parut
60 g wortel, potong dadu
2 buah tomat, potong dadu
100 ml susu tawar cair rendah lemak
3 sdm VCO untuk menumis


BUMBU:
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm bawang Bombay cincang
2 sdm sledri cincang
1 sdt oregano bubuk
1 sdt lada halus
1 sdt garam halus

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan VCO, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum. masukkan daging cincang, oregano, lada dan garam, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap.

2. Tambahkan wortel, tomat, sledri cincang dan susu tawar cair. Masak sambil di aduk hingga kuah mengental.


3. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan pasta Italia, aduk rata. Angkat. Sajikan panas dengan taburan keju parmesan.

Untuk 3 Porsi

Nutrisi/Porsi:
Kalori: 609 Kal
Protein: 32,4 g
Karbohidrat: 57,3 g
Lemak: 29.5 g
Vita A: 1.664 RE
Vit C: 11.9 mg
Ca: 226 mg
Fe: 4,2 mg

Menurut Sally, seorang dokter yang pernah mempraktekan beberapa resep dalam buku mengatakan; “ Saya merasakan badan lebih sehat setelah mengaplikasikan VCO dalam menu sehari-hari saya. Rasa mual dan enek ketika mengkonsumsi VCO langsung tidak terjadi lagi. Justru hidangan lebih lezat, apalagi jika VCO digunakan untuk menumis, membuat pudding atau dijadikan salad dressing. Rasanya lebih gurih dan creamy,” tutur Sally.




Say thanks to:
*Yuni Harlinawati, my partner
* Penerbit Puspa Swara
* Dede Cazarez, atas foto-fotonya yang indah dalam buku ini
* Mas Asep Setiawan dari Radio BBC London
* Radio Elshinta Jakarta dan Networknya
* Rudiyanto dari Bisnis Indonesia, atas fasilitasnya
* Endang Ratna S & Santa Lusia P, tim dapur uji F&B Food Production

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Ilmu Memasak © 2012