Resep Tom Yam Goong Soup Asli dari Thailand

WISATA KULINER KE THAILAND

Belum lama berselang saya berkesempatan mengunjungi negeri gajah putih Thailand. Hm...kesempatan yang sudah saya tunggu-tunggu, sekarang saatnya mencoba kelezatan Tom Yam Goong, soup udang asam pedas asal negeri seribu kuil ini.


Thailand memang pantas menjadi negara tujuan wisata. Penduduknya ramah, relatif aman, lebih teratur (walaupun macet) dan jarang sekali ditemui pengemis maupun pedagang asongan. Selain pantai yang indah, sungai Chao Phraya yang membelah kota Bangkok dan Ratusan Kuil menjadi suguhan menarik. Jika Anda suka berbelanja, jangan lewatkan untuk mampir ke Maboonkrong, mal super besar yang menyediakan semua kebutuhan. Mulai dari sutra Thailand yang murah hingga berlian super mahal.

Kurang puas jika berkunjung ke Thailand tanpa mencoba kelezatan Tom Yam Goong Soup. Setelah puas berkeliling di kawasan wisata Path Pong. Saya mampir di salah satu restauran yang menjual soup ini. Ternyata memang beda, soup lebih terasa asamnya, pedas dapet dan wangi serainya juga pas banget. Kombinasi rasa, asam segar dan kaldu udang yang lezat menjadikan soup ini sukar dilukiskan rasanya. Anda ingin mencoba? Jangan berkecil hati, berikut resep yang saya tanyakan langsung ke chef di restoran Jim Thomson Thailand.

TOM YAM GOONG SOUP

Kaldu :
1800 kaldu udang/ayam/air
3 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 lembar daun jeruk
4 sdm kecap ikan/nampla sauce
1 cm lengkuas, memarkan
2 sdt sdm minyak cabai
1/2 sdt garam halus
3 buah cabai rawit merah, haluskan/namprik
1 siung bawang putih, memarkan


Bahan Isi:

300 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan
100 gr jamur merang
8 buah cabai rawit, biarkan utuh
1 batang serai, ambil yang berwarna putih. potong-potong
5 lembar daun ketumbar, iris halus
2 lembar daun jeruk, iris halus
5 sdm air jeruk nipis


Cara Membuat :
1. Didihkan kaldu.air. Masukkan serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu kaldu lainnya. Rebus hingga mendidih. angkat, saring. 2. Panaskan kembali kaldu, masukan udang, jamur, cabai dan daging serai. Didihkan kembali. Sesaat sebelum di angkat, tuang air jeruk nipis dan daun ketumbar. angkat. sajikkan panas. Untuk 5 Porsi

DAUN KETUMBAR

Sering di sebut Coriander leave(Coriandrum sativum). Banyak orang menyebutnya Cilantro, apapun namanya daun ketumbar ini memberi aroma harum yang khas pada soup, hidangan seafood, salad atau tumisan. Aroma wanginya mampu menetralisir aroma amis pada hidangan laut serta menjadikan hidangan lebih segar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Ilmu Memasak © 2012