Sirsak, Sirkaya dan Nona, Kaya Serat, Vitamin dan Mineral




Buah Sirsak, Srikaya & Nona
Serupa Tapi Tak Sama

Sepintas buah sirsak (Annona muricata), srikaya (Annona squamosa) dan nona (Annona reticulata) hampir sama, ketiganya dari keluarga Annonaceae yang mempunyai batang berkayu dan hidup menahun. Walaupun serupa, masing-masing buah memiliki karakterisitik yang berbeda. Ingin kenal lebih dekat? Simak ulasan berikut.

Sirsak
Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter, bunganya berbau wangi dan muncul di batang yang tidak terlalu tua. Sirsak dapat berbuah sepanjang tahun. Buah yang sudah tua di petik dan diperam beberapa hari agar matang. Sebagian orang menyebut sirsak dengan sebutan nangka Belanda. Buahnya berkulit hijau dengan duri pendek dan lunak, jika matang ditandai dengan tekstur buah empuk dan lunak. Daging buah berwarna putih dan berbiji banyak.

Sebagian orang mengkonsumsi sirsak sebagai buah meja. Cita rasa buah ini asam, manis dan segar, cocok untuk dibuat juice, puding, sirup atau campuran minuman. Banyak sekali zat gizi yang terkandung dari buah ini. serat yang baik untuk pencernaan disini gudangnya. Menurut penelitian, setiap 100 g sirsak terkandung karbohidrat 16.5 g, minera 0.7, Kalsium 14 mg, fosfor 27 mg dan zat besi 0.6.
Srikaya
Lain sirsak lain sirkaya, tanaman yang diduga berasal dari Amerika Tengah ini mempunyai bentuk pohon lebih kecil dibanding sirsak. Buahnya juga berukuran mini dan tidak berduri. Seperti halnya sirsak, sirkaya juga perlu diperam untuk mematangkan buahnya. Seiring matangnya buah, kulit yang kehijauan akan berubah hijau kekuningan.
Buah sirkaya masak teksturnya empuk dan lunak, dagingnya yang putih mempunyai cita rasa manis dan aroma harum. Jika Anda bosan mengkonsumsi srikaya segar, buah ini cuka lezat diolah sebagai juice, disetup atau campuran puding. Sirkaya juga sangat kaya serat dan zat gizi yang lain. Di dalam 100 g buah sirkaya terkandung karbohidrat 25.2 g, mineral 1.0 g, kalsium 27 mg, , fosfor 20 mg dan zat besi 0.8 mg.
Nona
Menurut literature buah nona berasal dari India Barat dan Amerika Selatan. Dari fisiknya buah nona hampir menyerupai sirkaya. Bedanya buah nona mempunyai kulit yang mulus atau tidak berbiku, harum dan berwarna kecokelatan.
Buah nona matang bertekstur empuk, daging buah berwarna putih dan mempunyai cita rasa asam manis. Dagingnya berserat halus dan banyak mengandung air. Buah ini cocok sebagai buah meja, di buat juice, puding dan campuran aneka minuman dingin. Buah nona juga sangat kaya serat, vitamin dan aneka mineral penting lainnya. Budi Sutomo

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Ilmu Memasak © 2012