MEMBUAT NATA DE COCO DAN MENGOLAH SAYURAN OKRA



KONSULTASI KULINER
Note: Tulisan ini pernah dipublikasikan di majalah wanita SARTIKA
Penulis: Budi Sutomo

BINGUNG MENGOLAH OKRA
Saya seorang ibu rumah tangga yang gemar mencoba aneka sayuran, termasuk sayuran pendatang baru. Pernah suatu hari, saya berbelanja di supermarket dan melihat okra. Karena tertarik bentuknya yang bagus, saya membelinya. Sesampainya di rumah, bingung mau diolah apa. Yang ingin saya tanyakan, okra bisa diolah menjadi masakan apa saja? Termiakasih atas bantuannya.
Endang Werdiyanti-Tegal

Ibu Endang, okra (Hibiscus esculentus) merupakan sayuran sejenis oyong atau gambas. Citarasnya pun mirip, hanya okra berlendir dan agak liat sehingga memerlukan waktu memasak sedikit lebih lama. Ibu bisa mengolahnya menjadi isi sup bening, ditumis dengan daging atau seafood. Jika ibu suka sayuran berkuah santan, okra bisa dibuat sayur bobor atau dimasak seperti kari. Sebelum diolah, potong-potong dan cuci okra dengan air garam, dengan cara ini okra semakin kesat dan lendirnya berkurang. Selamat Memasak!

INGIN MEMBUAT NATA DE COCO
Pak Budi Yth,
Saya mempunyai banyak waktu luang dan ingin berwiraswasta dengan usaha nata de coco dari air kelapa. Mengingat daerah saya banyak sekali limbah air kelapa yang terbuang percuma. Bahan apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara mebuatnya? Terimakasih atas bantuanya.
Bejo Santoso-Semarang

Jawab:
Saudara Bejo, nata de coco merupakan makanan hasil fermentasi air kelapa oleh bakteri Acetobacter xylium. Bakteri inilah yang merubah air kelapa menjadi serat selulosa. Berikut resep dan cara membuatnya:
Bahan yang diperlukan:
Air kelapa 2 ½ liter
Gula pasir 200 gr
Pupuk ZA (urea) ½ sendok makan
Asam cuka glacial (CH3COOH ) ½ sendok makan
Bibit/starter bakteri Acetobacter xylium 200 ml (Bisa diperoleh di laboratorium pertanian)
Cara Membuat:
Rebus semua bahan kecuali bibit bakteri dan asam. Saring dan dinginkan dalam suhu 25-30oC. Tambahkan bakteri Acetobacter xylium dan asam cuka, aduk rata. Tuang campuran ini dalam baskom atau loyang pelastik hinga ketinggian air 2 cm. Tutup atasnya dengan kain kasa atau kertas. Inkubasikan/fermentasikan selama kurang lebih 1 minggu dalam suhu ruang dan di tempat yang gelap. Setelah terbentuk lapisan nata, angkat lapisan yang menyerupai agar-agar ini. Potong-potong dan rendam dalam air bersih hingga rasa asamnya hilang. Agar lebih tahan lama, rebus nata selama 5-10 menit. Rendam dalam larutan sirup gula atau sirup buah aneka rasa. Kemas sesuai selera.
Perhatikan kebersihan alat dan tempat yang digunakan karena sangat mempengaruhi keberhasilan nata de coco. Selama berwiraswasta, semoga berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Ilmu Memasak © 2012